PESONA INDONESIA ITU SARINAH

Good Business Leader,create a vision !

Jelas pernyataan ini mengingatkan saya akan sosok Ir.Soekarno presiden pertama Indonesia yang lesat visinya seperti cahaya.Dari pemikiran dan tangan emasnya,pada tahun 1962 beliau memiliki ide kemudian beroperasi mulai 1967 dengan  memancangkan pondasi di tanah Thamrin Jakarta Pusat, untuk membangun wadah bagi para pegiat usaha menengah agar ada tempat untuk memajang hasil karyanya,kemudian diperdagangkan dan menjadi roda perekonomian yang baik.

 

Lima dekade sudah terlewati bersama lima belas Presiden Direktur yang pernah menjabata di Sarinah Indonesia, namun brand Sarinah masih begitu kuat.Bahkan sejarah Sarinah masih melekat indah. Dalam sebuah acara temu Blogger dan Writer pada Selasa 30 Mei 2017 di Lantai 10 Gedung sarinah Thamrin, Bapak GNP Sugiarta Yasa selaku Presiden Director PT SARINAH (PERSERO) menyampaikan bahwa Sarinah merupakan satu dari tiga gedung yang pertama kali dibiayai oleh negara. Diantaranya Wisma Nusantara,Hotel Indonesia dan Sarinah.

 

Sarinah menjadi pioneer pusat perbelanjaan yang sekaligus peduli terhadap Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang pada masa tahun tersebut Sarinah adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diinisiasi pertama kali memajang produk produk UMKM.Tentunya semua produk kerajinan tangan yang sudah dikurasi secara kualitas.Maka dari itu, Sarinah yang diambil dari nama pengasuhnya Ir.Soekarno (Care Giver) yaitu Sarinah , hingga dekade sekarang masih menjadi pusat perdagangan nasional bagi barang-barang kerajinan tangan Indonesia serta produk-produk khas tanah air lainnya`

 

Luar biasanya, Sarinah ikut menyukseskan para pegiat industri kreatif  tanah air yang berhasil bersinergi sehingga mampu menawarkan karya-karya terbaik mereka kepada konsumen.Terbukti ketika saya bersama rekan-rekan dari TauDariBlogger berkesempatan Tour Of Sarinah pada 30 Mei 2017 dan menyaksikan secara langsung mahakarya Indonesia dari pegiat industri kreatif berupa primadona produk seperti Silver 926 yang sudah dilebur ke berbagai bentuk dan fungsinya, Kayu Tangi atau dikenal Bekapang Wood yaitu kayu  tua yang sudah lama direndam atau berada dalam air sungai kemudian secara alami dimakan cacing cacing air hingga keropos/bolong.Inilah akhirnya yang menjadi keunikan kayu bekapang itu sendiri.

Kemudian tulang sapi yang diukir cantik, yang berhasil menyedot perhatian turis mancanegara untuk memiliki mahakarya pesona Indonesia.Ditambah lagi produk produk batik dan kain tenun dari luasnya nusantara.Sungguh mengunjungi Sarinah Indonesia rasanya seperti mengenal budaya Indonesia yang begitu kaya.

Pusat perbelanjaan yang sekaligus digemari sebagai meeting point ini juga ternyata berdiri dalam satu gedung setinggi 16 lantai yang penuh terisi oleh banyak perusahaan yang menyewa tempat di Sarinah.

 

“Pada setiap etalase produk dibubuhi “story telling” dari sebuah produk dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga menambah daya pengetahuan bagi turis mancanegara yang ingin berbelanja produk Retail kerajinan tangan di Sarinah.” Ujar  Ibu Lies Permana selaku Direktur Retail dan Bisnis PT Sarinah Indonesia.

 

Tak heran bila Sarinah dimasa kini,terus berinovasi dengan rencana membangun Sarinah Square, berlokasi masih di kawasan Sarinah Thamrin.Kemudian menambah etalasenya di Bandara Soekarno Hatta terminak 3, memiliki tiga cabang Sarinah di kota lain di Malang,Surabaya dan Semarang kemudian tidak tanggung tanggung,Sarinah Indonesia akan memancangkan pondasi lagi di kota Makkah.Juga sedang mengembangkan produk khusus pakaian muslimah dengan brand SHAREENAIMG_6009
IMG_5745

Dalam lajunya,Sarinah memiliki jenis usaha Retail, Property dan Perhotelan kemudian Perdagangan dan Distribusi.Kini, Sarinah Indonesia diberi mandat ekspor non-pangan berupa furniture rotan Indonesia ke Chili dan Bahama. Dan sedang melakukan ekspor karika dari Wonosobo ke Rusia.Luar biasa! Inilah fakta nyata mengapa lebih dari 50% perekonomian Indonesia ditopang UMKM.

Kaya akan talenta lokal membuat Pesona Indonesia itu kumplit dimiliki Sarinah yang memiliki komitmen penuh untuk manjadikan dirinya sebagai wadah terdepan bagi pemasaran berbagai produk unik khas Indonesia. Melalui kemitraan yang erat dengan para pengrajin, koperasi dan UMKM terbaik negeri ini, Sarinah telah mengembangkan portfolio produk kerajinan tangan, busana serta karya seni yang benar-benar mewakili kekayaan warisan budaya Indonesia.

 

Orang Indonesia wajib ke Sarinah karena Pesona Indonesia ada di sana.Sudah tidak ragu lagi kan ?

IMG_5765

 

Salam Seni Karya

-Risma El Jundi-

 

 

 

 

 

Leave a comment